Minggu, 19 Juni 2011

Bad Mood Bisa Dikendalikan Lho..

Mood adalah salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan seseorang menjalani hari-harinya. Terutama bagi kaum perempuan, seringkali mood terasa naik-turun karena masalah sederhana. Kesempatan baik bisa jadi hilang karena bad mood melanda. Nggak mau kan dicap sebagai si moody yang menyebalkan? Sekarang, saatnya kita yang mengendalikan mood! Bisa? Tentu. Berikut ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:
1. Kenali Tanda-tandanya
Perubahan mood biasanya sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan atau tempat kita berada saat itu. Agar bisa mengenali tanda-tandanya, belajarlah untuk mulai introspeksi diri. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui berbagai penyebab perubahan mood dan emosi yang sering naik turun agar nantinya kita tidak mudah dikendalikan emosi dan mood yang buruk.
2. Jinakkan mood Saat di Tempat Kerja
Saat semangat sedang menurun, pekerjaan bisa menjadi tumbalnya. Banyak kemungkinan yang bisa terjadi saat mood buruk datang: produktivitas kerja menurun, bermasalah dengan rekan kerja atau yang paling buruk, bermasalah dengan atasan. Saat emosi sedang tinggi dan mood buruk, cobalah redam amarah tersebut daripada menyemburkannya kepada orang lain.
Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, tentu saja ada saat di mana kita harus ‘mendengarkan’ amarah tersebut sebagai bentuk menyuarakan rasa frustasi dan keinginan yang belum tercapai agar di kemudian hari kita lebih matang dalam bertindak.

3. Dengarkan Pendapat Teman
Untuk tetap menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, cobalah dengarkan pendapat mereka. Hilangkan rasa egois selalu ingin dimengerti orang lain. Sesekali, posisikan diri kita sebagai orang lain agar lebih bijaksana dalam mengambil tindakan.

4.   Kenapa Kita Bisa Mengalami Bad Mood?
Bad mood biasanya terjadi karena ada keinginan kita yang tidak terpenuhi.
Benar, nggak? Kita juga biasanya sudah menyiapkan berbagai alasan untuk itu sebagai pembenaran. Kadang, bad mood juga menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres yang sedang terjadi dalam hidup kita. Saat kita menyadarinya, otak pasti akan segera mencari cara untuk mengatasi hal itu. Jadi, sangat penting bagi kita untuk bisa menyikapi bad mood dengan baik.

5.  Mengurangi Bad Mood
Sudah tahu penyebabnya? Sudah kenal tanda-tandanya? Sekarang, saatnya kita mengatasinya. Jika waktu yang dimiliki untuk mengendalikan mood sangat terbatas, tarik nafas dalam-dalam dari perut, alirkan melalui hidung, dan keluarkan perlahan lewat perut. Langkah sederhana ini membuat tubuh rileks sejenak. Jika tekanan penyebab bad mood datang setiap hari, cobalah sediakan waktu untuk memanjakan diri. Relaksasi, ke salon, nonton, atau lakukan hobi yang menyenangkan. Masih belum teratasi juga? Berolahragalah. Pilih satu cabang olahraga yang sangat Anda sukai. Berolahraga, selain menyehatkan tubuh, juga diyakini dapat dapat mengusir stress. Jika Anda sedang mengalami frustasi, olahraga mengayunkan raket seperti tenis atau squash bisa menjadi pilihan. Namun, jika Anda sedang ingin menyembuhkan diri dari rasa sakit dan kesedihan, olahraga berenang bisa dicoba.
Nah, sudah siap mengendalikan  bad mood?sehatplus

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by