Minggu, 19 Juni 2011

MANFAAT KURMA

MANFAAT KURMA
Banyak yang bilang makan kurma saat bulan puasa hukumnya wajib, tapi ada juga yang bilang bukan wajib hukumnya tapi disarankan karena banyak manfaat kurma bagi tubuh manusia. Bahkan bukan hanya untuk mereka yang berpuasa saja... Nah, ada baiknya kita lihat kandungan yang terdapat dari kurma ini. Selanjutnya , terserah Anda...
Sebagian besar daging buah kurma terdiri dari karbohidrat dalam bentuk gula glukosa atau fruktosa sehingga rasanya manis. Karena fruktosa mudah dicerna oleh tubuh, maka bagi orang yang berpuasa, kurma sangat cocok dikonsumsi saat berbuka untuk mengembalikan energi dengan cepat setelah seharian berpuasa.
Selain karbohidrat, buah kurma juga mengandung vitamin A, vitamin B Kompleks, sedikit vitamin C, Magnesium dan paling banyak Kalium yang merupakan zat gizi penting bagi tubuh terutama jantung dan pembuluh darah.
Buah kurma juga mempunyai beberapa khasiat lain, yaitu:
1.   Karen berserat tinggi, buah kurma dapat memperlancar buang air besar.
2.   Kurma kering dapat menguatkan sel-sel usus karena mengandung serabut yang dapat mengontrol laju gerak usus.
3.   Karena mengandung zat besi dan kalsium yang cukup tinggi, buah kurma dipercaya dapat meningkatkan produksi air susu ibu bagi ibu menyusui.
4.   Buah kurma juga dapat mengendalikan hipertensi dengan mengatur kadar prostaglandin yang berperan dalam proses tekanan darah. Namun penderita diabetes mellitus tidak disarankan terlalu banyak mengonsumsi kurma.
5.   Dapat mengurangi ketegangan mental, histeria, dan insomnia.klubnova

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by