Minggu, 19 Juni 2011

Sirsak ternyata banyak manfaatnya

Sirsak berasal dari daratan Amerika Tengah dan bagian utara Amerika Selatan. Sirsak merupakan satu species tanaman yang termasuk dalam keluarga / family Annonaceae.
Buah Sirsak (Annona muricata L) adalah salah satu makanan yang populer di Indonesia, mungkin sebagian dari anda juga adalah pengkonsumsi dari buah sirsak ini. Namun dibalik dari rasanya yang sedikit asam – asam ini ternyata buah sirsak ini mengandung manfaat yang luar biasa.
Di Indonesia tanaman sirsak ini menyebar hamper di seluruh wilayah. Varietas unggul yang telah dilepas sebagai vareitas unggul nasional juga belum banyak. Yang sering dijumpai adalah sirsak dengan rasa manis asam, biasa disebut sebagai sirsak lokal. Sedangkan varietas unggul yang produktif, bobot buah besar, dan memiliki rasa manis adalah sirsak Ratu (berasal dari daerah Pelabuhan Ratu, Jawa Barat).
Sirsak di kalangan masyarakat perkampungan yang dimana pohon sirsak ini banyak ditanam, Buah sirsak ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit, bahkan ada sebagian masyarakat yeng mempercayai mitos bahwa buah sirsak adalah salah satu makanan kesukaan para dewa, sehingga untuk memetiknyapun tidak boleh sembarangan.
Karena beredarnya khasiat buah sirsak ini hingga sampai ke telinga para pakar riset di Health Sciences Institute, dan merekapun melakukan riset ternyata hasilnya sangat mengejutkan, selain obat untuk berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, anti bakteri, anti jamur dan menormalkan sistem syaraf yang kurang baik. Ternyata buah sirsak ini berkhasiat membunuh tumor/kanker. (Beyond Chemotherapy: New Cancer Killers, Safe as Mothers Milk terbitan Health Sciences Institute).
Sebenarnya khasiat buah sirsak ini telah diketahui sudah lama oleh The National Cancer Institute (NCI) pada tahun 1976, hanya tidak pernah dipublikasikan karena alasan untuk kepentingan penyelidikan. kayak Buronan aja ya? Hehehe…
Beberapa manfaat sirsak beserta ramuannya:
- Sakit Pinggang. 20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
- Ambeien. Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
- Sakit Kandung Air Seni. Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
- Bayi Mencret. Buah sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
- Anyang-anyangan. Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum

Manfaat Sirsak :
-Buah sirsak yang matang (100 gram) dapat memenuhi 13 % kebutuhan serat pangan per hari (dimakan segar).
-Kandungan vitamin C buah sirsak tinggi, baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.
-Daun sirsak mengandung zat annonaceuos acetogenins yang memiliki kemampuan membunuh sel kanker terutama kanker usus, prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas tanpa merusak sel yang sehat.
-Cara mengolah yaitu dengan mengambil 10 lembar daun sirsak , dicuci dan direbus dengan 3 gelas air. Biarkan hingga air tinggal 1 gelas. Diminum pagi dan sore hari.
-Berdasarkan informasi dari berbagai sumber disebutkan bahwa daun sirsak juga bermafaat mengobati bisul, sakit pinggang, eksim. Buah sirsak dan daun sirsak bermanfaat mengobati penyakit liver, ambeien, sakit kandung air seni, batu empedu.link

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by