Selasa, 21 Juni 2011

Sejuta Manfaat Selada

Walaupun dikenal sebagai sayuran penghias makanan, namun sebenarnya selada mempunyai kandungan gizi yang cukup baik bagi kesehatan.

Selada mengandung kandungan vitamin seperti A, C, E, K, dan juga zat-zat lain seperti etakaroten, seng, asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, dan natrium. Selada juga mengandung bioflavonoid yang berfungsi hampir sama dnegan vitamin C, yaitu mempertahankan fisik agar tetap awet muda.

Bioflavonoid juga berfungsi membantu untuk mempertahankan kekuatan pembuluh darah agar tidak mudah pecah. Karena itu selada juga baik untuk mencegah penyakit stroke.

Selada juga terbukti bisa melindungi paru-paru, mencegah kanker dan stroke, memelihara hati serta mengatasi anemia dan bronkitis. Selada juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Selada ternyata juga bisa mengobati tuberkulosis, kudis, dan bersifat antibakteri.Kandungan PEITC (phenethyl isothiocynate) merupakan agen kemopreventif pelawan kanker paru yang berkhasiat menangkal radang selaput lendir pada saluran pernapasan.

Di dunia kecantikan, Daun selada air yang dilumatkan lalu digunakan sebagai masker wajah bisa mengatasi jerawat, bintik-bintik, atau noda hitam.

Tipsnya, sajikan selada dalam keadaan mentah, jika Anda ingin mencucinya perlu diperhatikan agar tidak tercemar oelh bakteri.kampungtki

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by