Minggu, 19 Juni 2011

Gawat...21,7 Persen Penduduk Indonesia Alami Obesitas

JAKARTA - Prevelensi gemuk dan obesitas pada penduduk di atas usia 18 tahun tahun 2010 menunjukkan angka cukup tinggi. Terdapat 21,7 persen penduduk di atas usia 18 tahun yang masuk golongan gemuk dan obesitas.

''Cukup mengkhawatirkan. Karena saat ini sudah ada lebih dari 20 persen orang dewasa yang kelebihan berat badan,'' tutur Direktur Bina Gizi Kesehatan, Minarto kepada wartwan di Jakarta,Jumat (18/6).

Kelebihan berat badan dan obese ini menyebabkan penyakit degeneratif yang bisa memicu pada kematian. Di antaranya penyakit degeneratif yang cenderung menyerang orang berkelebihan berat badan adalah jantung, darah tinggi, kolersterol, dan asam urat.

Prevalensi kelebihan berat badan dan obesitas lebih banyak diderita oleh perempuan. Laki-laki memiliki prevalensi 16,3 sedangkan perempuan memiliki prevalensi 26,9. Sementara untuk prevalensi kurus sebesar 12,6. Dan prevalensi normal sebesar 65,8.

Di sisi lain Minarto memaparkan bahwa situasi konsumsi pangan Indonesia berdasarkan data Badan Ketahanan Pangan 2009 menunjukkan bahwa padi-padian serta minyak dan mineral sudah melebihi batas anjuran.Republika

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by